Senin, 20 Januari 2014

[Review] 4 Ways to Get a Wife by Hyun Go Wun

4 Ways to Get A Wife

Judul: 4 Ways to Get a Wife
Penulis: Hyun Go Wun
Penerjemah: Putu Pramania Adnyana
Penerbit: Haru
Terbit: Desember 2012
Tebal: 356 halaman

Dicari: Istri Kontrak
Persyaratan: Usia 25-30 tahun, fisik sehat, dan penampilan rapi. IQ di atas 130. Memiliki pekerjaan tetap.

Kesepakatan: Diberikan uang kontrak dan upah per tahun standar lulusan universitas. Disediakan pakaian dan pembantu rumah tangga. Setelah kontrak selesai, akan diberikan keuntungan khusus seperti belajar di luar negeri.

Perhatian: Bukan kontrak seumur hidup. Masa kontrak maksimal 3 tahun. Kontrak akan diperbarui setiap tahun. Tidak diperbolehkan adanya kontak fisik atau keluhan apa pun.

Lampirkan CV, surat keterangan kesehatan, dan sertifikat tes IQ. Wawancara akan dilakukan setelah lulus seleksi dokumen.

####

Dunia sepertinya sudah semakin gila ketika aku melihat iklan untuk mencari'istri kontrak' yang terpasang di koran hari itu. Apalagi, adikku sendiri yang baru berumur 20 tahun, yang memiliki perbedaan umur lebih dari 12 tahun dengan lelaki itu. Benar-benar sinting!

Setelah bersusah payah menjauhkan dan menyelamatkan adikku, lelaki itu malah berkata padanya dengan wajah datar. 'Tidak ada burung pedar, ayam pun jadi.'

Ayam? Siapa yang ayam? Sekarang ia malah menawariku menjadi istri kontraknya!

Pertama kali baca novel Korea. Horeeee akhirnya berhasil menyelesaikan novel -yang menurut saya njelimet- ini dalam waktu 5 hari! Fiuh. Biasanya saya nyelesain novel paling lama 3 hari, Harry Potter ke-5 aja yang tebelnya 1200 halaman, saya selesaikan dalam waktu 3 hari *ya iyalah, beda kali, Put.

So, kenapa tiba-tiba saya tertarik pengen baca novel ini? Sebenernya saya penasaran sama novel terbitan Haru sih, secara saya ngefollow akunnya di twitter, dan banyak yang baca buku-buku terbitan mereka. Saya ga mau ketinggalan dong, ya meski saya beli buku yang lama (terbitan taun 2012) telat, sih, tapi dari pada nggak sama sekali *halah* Dan saya tertarik baca blurb dibelakangnya, ko kayaknya lucu, ya. Jadi akhirnya langsung bawa buku ini ke kasir, deh.

Ekspektasi awal: buku ini kocak.
Abis baca buku ini: kening berkerut karena banyak yang ga ngerti.

Oke, saya tertipu dengan judulnya: 4 ways to get a wife. Tapi apa iya bukunya menceritakan tentang 4 cara memperoleh istri? Ternyata nggak. Satu-satunya yang berhubungan (meski sedikit) dengan 4 cara ini adalah cerita dibagi menjadi 4 bagian (choice), tapi rasanya ngeliat judul dari 'choice'nya ga nunjukin 4 cara itu juga sih.

Saya suka buku ini karena:
1. Meski ceritanya tipikal drama korea -kawin kontrak lah, yang awalnya benci jadi cinta lah, sampe ada drama yang nyangka kalau Jung Won itu adiknya Geon Hyeong lah- tapi tetep suka sama cerita-cerita romantis macam ini. Tokoh jahatnya juga ga nyebelin banget, paling cuma ibu tiri sama kakaknya aja yang licik, sih. Cerita tentang keluarga Jung Won yang bikin terenyuh, kebersamaan mereka, sampai peraturan keluarga mereka yang konyol tapi tetap ada benarnya.
2. Beberapa adegan dapet banget unsur komedinya, sampe bikin ketawa-ketawa sendiri.
3. Bisa tau bahasa Korea juga dikit-dikit, karena sama penerjemahnya nggak diterjemahin semua, ada yang tetap pakai bahasa Korea tapi dikasih footnote, jadi kita tetep tau artinya apa.
4. Suka sama Jason! Tapi kenapa porsi munculnya cuma dikit, ya.

Saya kurang suka sama buku ini karena:
1. Ada beberapa bagian yang bikin njelimet.
Misalnya di prolog dibilang kalau Geon Hyeong umurnya 20 tahun, tapi di dalam ceritanya dibilang kalau umur Geon Hyeong 33 tahun. Kalau misalnya prolog itu ternyata 13 tahun yang lalu, harusnya dikasih keterangan di awalnya, biar ga bikin bingung.
Ada juga beberapa bagian yang ga jelas itu ngomongin siapa, cuma dibilang wanita itu atau lelaki itu. Udah baca bagian-bagian sebelumnya pun tetep gagal paham :( apa emang saya yang ga ngerti, ya?

2. Laporan typo (yang diinget aja):
almarhmum (hlm. 6) --> almarhum
informasti (hlm. 219) --> informasi
Kurang penggunaan tanda koma setelah oh, ya, kan, dan lainnya.
Pemborosan kata: "Cukup tampan bagaimana? Dia itu kan sangat sangat tampan sekali." (hlm. 39) --> udah pake kata 'sangat' (dua kali lagi) ditambah sama kata 'sekali'
Penggunaan kata yang kurang tepat: Akan tetapi, melihat wajah Geon Hyeong yang mengacuhkan pendapatnya, ... (hlm. 96) --> harusnya 'tidak mengacuhkan', soalnya konteks dalam cerita tersebut Geon Hyeong tetap memegang tangannya Jung Won meski Jung Won bilang kalau dia bisa jalan sendiri.

Kesimpulan:
Untuk bacaan ringan, buku ini pilihan yang tepat, tapi ga ringan-ringan banget sih, karena ada beberapa bagian yang malah bikin mikir. Intinya, sih, dapet. Eh iya lupa, di beberapa lembar terakhir ada adegan panas antara Jung Won dan Geon Hyeong, jadi anak yang dibawah umur harusnya ngeskip aja bagian ini *termasuk saya X)))))

Stars: 2,89 of 5 *halah bintangnya aneh banget pake koma-komaan ga bulet :p

Tidak ada komentar:

Posting Komentar